Cute Onion Club - Onion Head

Connect with Us

Sabtu, 22 Maret 2014

Penetapan Kadar Ni dalam Katoda Tembaga



            Sample katoda after melting ditimbang sebanyak 10 gram dalam beaker gelas 250 mL dan ditambahkan HNO3 sebanyak 80 mL untuk melarutkan logam-logam dalam sample serta mengoksidasi logam-logam tersebut.
           
HNO3 (aq)  +  M (s)       panas          Mx+ (aq)   +   NO2↑ (g) +  H2O (aq)
                                              
Larutan sample dipanaskna sampai terdekomposisi sempurna. Tanda larutan telah terdekomposisi dapat dilihat dari hilangnya asap merah kecoklatan ( gas NO2) yang menunjukkan semua logam telah teroksidasi. Laruan sample didinginkan sampai suhu kamar, lalu ditambahkan pure water sampai volume ±  50 mL dan 2~3 tetes HCl. Penambahan HCl berfungsi unuk menyingkirkan Ag sehingga tidak mengganggu proses elektrolisis. Larutan dielektrolisis selama 4 jam untuk menghilangkan tembaga dalam larutan. Kadar tembaga dalam larutan sample katoda sengat tinggi sehingga cara yang efektif untuk menghilangkan tembaga dalam larutan dengan elektrolisis. Reaksi elektrolisis yang terjadi adalahsebagai berikut:

katoda :           Cu2+ (aq)      +   2e-                             Cu (s)
anoda :            2 H2O (aq)                                           4H+(aq)  +  O2 (g)  + 4 e- 

Sisa elektrolit ditambahkan HCL (1+1) sebanyak 2 mL dan HNO3 sebanyak 2 mL untuk memastikan bahwa seluruh Ni telah larut sempurna. Larutan dipanaskan sampai volume 5 mL untuk memperoleh volume pasti saat pengenceran dan menyempurnakan pelarutan Ni. Larutan dipindahkan dalam labu ukur 10 mL dan kadar Ni diukur dengan ICPS. Data yang diperoleh adalah sebagai beikut:

Table 6. Kadar Ni dalam Katoda Tembaga
KODE
KADAR Ni
1A
0.3775
1B
0.2826

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More