Cute Onion Club - Onion Head

Connect with Us

Senin, 25 Maret 2013

Berbohong merupakan Dosa besar

Anak sekolah terutama SMP atau SMA, biasanya mulai ingin menikmati masa-masa muda mereka. Tidak seperti anak SD yang kemana-mana ingin ditemani oleh orang tua, anak SMP atau anak SMA biasanya lebih suke berpergian dengan teman-temannya. Saya sendiri pernah mengalami masa-masa ini, dimana saya lebih menyukai pergi dengan teman-teman saya, dibandingkan pergi dengan orang tua. Biasanya, anak-anak SMP dan SMA membohongi kedua orang tuanya dengan kalimat, “Mah, pah, pulang sekolah aku mau kerja kelompok di rumah temen, jadi pulangnya telat”. Padahal sebenarnya pergi hang out dengan teman-temannya di mal, kafe, atau nonton bioskop. Kata kunci yang sering dipakai pokoknya kerja kelompok. Saya yakin sebenarnya orang tua sudah sedikit menyimpan rasa curiga, ketika anaknya bilang pulang terlambat dengan alasan kerja kelompok. Hanya saja, mau marah-marah takutnya memang betulan kerja kelompok ditambah tidak ada bukti nyata bahwa anaknya berbohong. Sering juga ada anak yang tidak memberi tahu kalau akan pergi dulu dengan teman-teman sepulang sekolah, dengan alasan malas di ceramahin via sms atau telepon, berasa di interogasi. Kalau ditanya kenapa pulangnya terlambat, jawabannya biasanya, “mah, pah abis batre tadi di jalan. Padahal mau kasih tau. Maaf ya”.
Kata kunci selanjutnya yang biasanya di pakai anak sekolah untuk berbohong adalah, bayar buku. Bagi orang tua yang memang jarang mengontrol barang anak-anaknya, hal ini selalu menjadi alasan tepat bagi anak untuk mencari tambahan pemasukan uang jajan. “Mah, pah, itu aku disuruh beli buku sejarah, geografi, LKS agama, bla bla bla.. paling lambat besok lusa nih bayarnya”. Kalau sudah soal buku, terlebih untuk orang tua yang sibuk dan jarang mengontrol anaknya, pasti permintaan ini akan di kabulkan. Padahal uangnya bukan untuk beli buku, tetapi untuk hang out dengan teman-temannya. Saya pernah sih melakukan hal ini, tetapi bukan berbohong untuk bayar buku, karena ibu saya sangat teliti sekali. Jadi, saya beberapa kali sedikit melebihkan harga buku dari yang seharusnya. Hehe. Hanya beberapa kali saja. Tidak sering.
Pacaran, adalah hal lain yang sering disembunyikan oleh anak-anak. Banyak yang pulang terlambat karena pulang sekolah kencan dulu bareng pacar, seperti pergi ke restoran, bioskop, taman, dan sebagainya. Bagi para perempuan, biasanya jika di antar pacarnya sepulang sekolah atau sepulang kencan hanya di turunkan dekat rumahnya atau depan komplek perumahan, bukan diturunkan tepat depan rumah. Alasannya takut ketauan orang tua, dan nantinya tidak boleh pacaran lagi gara-gara takut nilainya jeblok. Teman SMA saya pernah ada yang kepergok tetangganya di antar oleh pacarnya, dan diturunkan tepat di depan rumah tetangganya tersebut. Si tetangga itu bertanya kepada ibunya, “Ciye, anakmu udah punya cowok ya.. Di antar lho kemarin sampai depan rumahku”. Dan jawaban teman saya ketika ditanya ibunya adalah, “itu temen mah, abis kerja kelompok, rumahnya searah. Jadi ya bareng deh”.
Sebenarnya berbohong ala anak sekolah seperti yang saya ceritakan itu, menurut saya wajar dan tidak perlu orang tua membesar-besarkan jika anaknya ketauan berbohong. Terkadang anak merasa takut kepada orang tuanya, untuk mengatakan yang sebenarnya. Karena ada beberapa orang tua, yang tidak ingin anaknya keluyuran sepulang sekolah, takut kenapa-kenapa. Kekhawatiran itu wajar, tetapi jika dimarahi secara berlebihan, akan membuat anak semakin sebal dengan orang tua dan akan menjadi semakin ‘liar’. Di masa-masa puber seperti itu, kebanyakan anak-anak tidak ingin di kekang dan mereka hanya ingin orang tua mempercayakan mereka. Tentunya bukan berarti mengabaikan. Selama orang tua memberikan perhatian cukup, memberikan pengertian terhadap hal-hal yang boleh dan tidak kepada anak dengan baik, dan kasih sayang setiap harinya, saya rasa sih anak-anak tidak akan melenceng pada jalurnya. Itu sih yang saya juga rasakan ketika masih masa puber dulu. Hehe

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More