Cute Onion Club - Onion Head

Connect with Us

Jumat, 06 April 2012

Penentuan Kadar sulfat

Sulfat merupakan senyawa yang stabil secara kimia karena merupakan bentuk oksida paling tinggi dari unsur belerang. Sulfat dapat dihasilkan dari oksida senyawa sulfida oleh bakteri. Sulfida tersebut adalah antara lain sulfida metalik dan senyawa organosulfur. Sebalikya oleh bakteri golongan heterotrofik anaerob, sulfat dapat direduksi menjadi asam sulfida.Secara kimia sulfat merupakan bentuk anorganik daripada sulfida didalam lingkungan aerob.
          Sulfat didalam lingkungan (air) dapat berada secara ilmiah dan atau dari aktivitas manusia, misalnya dari limbah industry dan limbah laboratorium. Secara ilmiah sulfat biasanya berasal dari pelarutan mineral yang mengandung S, misalnya gips (CaSO4.2H2O) dan kalsium sufat anhidrat ( CaaSO4). Selain itu dapat juga berasal dari oksidasi senyawa organik yang mengandung sulfat adalah antara lain industri kertas,tekstil dan industri logam.
         Prinsip penentuan Sulfat secara spektrofotometri adalah dengan mereaksikan ion sulfat yang ada di dalam sampel air dengan larutan BaCl2, sehingga terbentuk suspensi BaSO4. kekeruhan yang dihasilkan diukur dengan spektrofotometri pada panjang gelombang 420 nm.



kadar sulfat merupakan parameter yang digunakan untuk membedakan berbagai jenis polisakarida hasil ekstraksi rumput laut merah. Polisakarida inimerupakan galaktan yang mengandung ester asam sulfat antara 20 - 30% dansaling berikatan dengan ikatan (1,3) :β (1,4) D glikosidik, dengan bentuk susunan berselang seling.
Menurut deMan (1989), untuk dapat diklasifikasikan sebagai karaginan,polisakarida harus mengandung setidaknya 20% sulfat berdasarkan berat kering.Dilanjutkan oleh Doty (1987), berdasarkan kandungan sulfatnya, karaginandibedakan menjadi dua fraksi yaitu
Kappa karaginan (kandungan sulfat < 28%)dan iota karaginan (kandungan sulfat > 30%).
Kandungan sulfat pada rumput laut Eucheuma cottonii dipengaruhi oleh jenis bahan baku, umur panen serta metode ekstraksi. Kadar sulfat karaginan yang dipersyaratkan Uni Eropa dan Cina berkisarantara 15 – 40%

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More