Cute Onion Club - Onion Head

Connect with Us

Kamis, 05 April 2012

Etilen Diamin Tetra Acetik Acid


Kesadahn dalam air terutama disebabkan oleh ion – ion Ca2+ dan Mg2+ , juga oleh Mn2+,Fe2+ dan semua kation bermuatan dua. Air yang kesadahannya tinggi biasanya terdapat pada air tanah di daerah yang bersifat kapur, dimana Ca2+ dan Mg2+ berasal.
Air sadah mengakibatkan konsumsi sabun lebih tinggi karena adanya hubungan kimiawi antara ion kesadahan dengan molekul sabun menyebabakan sifat sabun / deterjen hilang. Kelebihan ion Ca2+ serta ion CO32- ( salah satu ion alkalinity) mengakibatkan terbentuknya kerak pada dinding pipa yang disebabkan oleh endapan kalsium karbonat. Kerak ini akan mengurangi penampang basah dari pipa dan menyulitkan pemanasan air dalam ketel.
Kesadahan air dapat ditentukan dengan titrasi langsung dengan titran asametilen diamin tetra asetat (EDTA) dengan menggunakan indikator eriochrome black T atau calmagite. Sebelumnya EDTA distandaridisasi dengan larutan standar kalsium ,biasanya standar primer yang digunakan adalah CaCO3
Etilen Diamin Tetra Asetat
HOOCCH2 CH2COOH
NCH2CH2N
HOOCCH2 CH2COOH
EDTA merupakan suatu senyawa yang membentuk kompleks 1:1 dengan io logam,larut dalam air dan karenanya dapat digunakan sebagai titran logam EDTA juga merupakan ligan seksidentat yang berpotensi,yang dapat berkoordnisasi dengan ion logam dengan pertolongan kedua Nitrogen dan empat gugus karboksil. Misalnya dengan ion kobalt,membentuk kompleks EDTA oktahidrat.
Pada titrasi ini indikator yang digunakan adalah indikator metalokromik yang merupakan senyawa berwarna,yang membentuk kelat dengan ion logam . Kelatnya mempunyai warna yang berbeda dengan warna indikator bebasnya
Struktur Eriochrome Black T

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More