Cute Onion Club - Onion Head

Connect with Us

Jumat, 30 Maret 2012

Vibrio cholera


Vibrio cholera

Sebagian besar genus Vibrio ditemukan di perairan air tawar atau air laut, serta merupakan bakteri patogen dalam budi daya ikan dan udang. Spesies Vibrio yang termasuk patogen adalah V. cholerae, V.  parahaemolyticus, dan V. vulvinicus. Spesies V. chloreae dan V. parahaemolyticus merupakan sumber kontaminasi silang antara buah dan sayuran mentah, sedangkan V. vulvinicus penyebab infeksi pada manusia.

Bakteri Vibrio cholera

1. Pengertian bakteri
Bakteri, dari kata Latin bacterium (jamak, bacteria), adalah kelompok raksasa dari organisme. Bakteri adalah salah satu jenis jasad yang sangat kecil. Sampai sekarang telah diketahui kira-kira 1600 spesies bakteri yang sebagian besar dari jumlah tersebut termasuk saprofit. Banyak juga diantaranya yang sangat berguna untuk manusia, Karena membantu menguraikan bahan bahan organik yang tidak terpakai lagi. Berbagai species dapat menjadi penyebab penyakit pada manusia dan hewan. Sedangkan yang menyebabkan penyakit pada tanaman telah diperkirakan sebanyak 180 species.
Bakteri pertama ditemukan oleh Anthony van Leeuwenhoek pada 1674 dengan menggunakan mikroskop buatannya sendiri. Istilah bacterium diperkenalkan di kemudian hari oleh Ehrenberg pada tahun 1828, diambil dari kata Yunani βακτηριον yang memiliki arti "small stick".
1.Pilus
2.Cytoplasm
3.DNA
4. Ribosom
6.Dinding Sel
7. Flagel
Bakteri mempunyai struktur yaitu; Dinding sel untuk kebanyakan bakteri diliputi oleh selaput lendir. Lapisan lendir tersebut ada yang kuat melekat pada dinding sel dan ada pula yang mudah terlepas. Pada umumnya bakteri yang menyebabkan penyakit pada tanaman mempunyai flagela. Flagela ini terdapat pada salah satu ujungnya atau dapat pula meliputi seluruh permukaan tubuh bakteri. Perbanyakan bakteri dilakukan dengan pembelahan sel menjadi dua bagian. Setiap bagian tersebut menjadi individu yang berdiri sendiri (independen). Proses pembelahan berulang kembali setiap 20-30 menit sekali.
Dalam waktu ter-sebut biasanya belahan sel tersebut menjadi dewasa dan siap untuk membelah dua lagi. Dengan demikian reproduksi bakteri lebih sederhana jika dibandingkan dengan jamur. Jika bakteri memperbanyak diri pada media padat, maka akan terbentuk suatu yang dapat dilihat. Koloni berbagai species bakteri dapat berbeda-beda dalam ukuran, bentuk, warna dan sebagainya yang semuanya itu merupakan ciri-ciri untuk species tertentu dari bakteri. Koloni tersebut dapat berbentuk bulat, lonjong atau tidak beraturan. Pinggiran dan elevasi dari koloni-koloni tersebut berbeda-beda begitu pula dalam soal warnanya (umumnya tidak berwarna tetapi ada pula yang berwarna kuning, merah dan sebagainya).
Koloni Bakteri Michigan
Beberapa jenis bakteri dapat membentuk spora. Ukuran dari spora tersebut adakalanya lebih kecil atau lebih besar dari garis tengah sel induknya. Tetapi spora bakteri ini tidak berfungsi untuk memperbanyak diri tetapi semata-mata hanya mempertahankan diri terhadap keadaan lingkungan yang kurang baik bagi pertumbuhannya.

2. History Vibrio cholera
Vibrio cholerae pertama kali diisolasi sebagai penyebab penyakit kolera oleh seorang ahli anatomi Italia, Fillipo Pacini pada tahun 1854. Tetapi penemuannya tersebut tidak terlalu dikenal oleh dunia. Lalu baru pada tahun 1884, melalui penelitian Robert Koch dunia mengenal bakteri tersebut. Kolera berasal dari Gangga delta, suatu bagian dari distrik di India sejak tahun 1817. Sejak tahun 1917 telah terjadi tujuh pandemic besar yang penyebarannya bahkan mencapai Eropa. Vibrio yang bertanggung jawab terhadap terjadinya pandemic ke-7 yaitu V.cholerae O1, biotipe El Tor. Pandemic ke tujuh baru dimulai pada tahun 1961 ketika Vibrio pertama kali muncul menyebabkan epidemic kolera di Sulawesi, Indonesia . penyakit ini lalu menyebar dengan cepat ke Negara Asia timur lainnya dan mencapai Bangladesh pada tahun 1963, India pada tahun 1964 dan kawasan Soviet- Russia pada tahun 1965-1966. Pada januari 1991, epidemic kolera menyerang Amerika latin. Dimulai di Peru, penyakit ini dibawa oleh nelayan ke Ekuador dan Kolombia dan dibawa pelancong ke seluruh Amerika pusat dan Selatan. Hampir 400.000 kasus dilaporkan pada tahun pertama wabah. Angka mortalitas seluruhnya kira kira 1 persen, angka tersebut mendekati 20-30 persen masyarakat yang terjangkit yang karena kekurang- tahuan akan penyakit ini yang menyebabkan pemeriksaan teurapetik yang berlebihan.

Vibrio cholerae termasuk bakteri Gram negatif, berbentuk batang bengkok seperti koma dengan ukuran panjang 2 – 4 µm. Pada isolasi, Koch menamakannya “kommabacillus”, tetapi bila biakan diperpanjang, kuman ini bisa menjadi batang yang lurus. Kuman ini dapat bergerak sangat aktif karena mempunyai 1 buah flagella polar yang halus ( monotrikh ). Kuman ini tidak membentuk spora. Pada kultur dijumpai koloni yang cembung ( convex ), halus dan bulat yang keruh ( opaque ) dan bergranul bila disinari. Vibrio cholerae dan sebagian vibrio lainnya tumbuh dengan baik pada suhu 370 C pada berbagai perbenihan. Vibrio cholerae tumbuh dengan baik pada agar tiosulfat –sitrat – empedu – sukrosa ( TCBS ). Selain itu, organisme ini juga mempunyai ciri khas yaitu tumbuh pada pH yang sangat tinggi ( 8,5 – 9,5 ) dan dengan cepat dibunuh oleh asam.

3. Fisiologi
Bersifat aerob anaerob fakultatif. Suhu optimum untuk pertunbuhan pada suhu 18-37o C. Dapat tumbuhpada berbagai jenis media, termasuk media tertentu yang mengandung meniral dan asparagin sebagai korbon dan nitrogen V. cholerae tumbuh baik agar Thiosulfate-citrate-bile-sucrose (TCBS), yang menghasilkan koloni bewarna kuning dan pada media (Tuliite-Tourocholate-gelatin-agar).1234
Salah satu cirri khas dari vibrio cholerae ini adalah tumbuh pada pH yang sangat tinggi ( 8,5-9,5) dan sangat cepat mati oleh asam. Pertumbuhan sangat baik pada pH 7,0. Karenanya penbiakan pada media yang mengandung karbohidrat yang dapat difermentasi, akan cepat mati. V. cholerae meragi sukrosa dan manosa tanpa menghasilkan gas tetapi tidak meragi sukrosa dan manosa tanpa menghasilkan gas tetapi tidak meragi nitrit. Ciri khas lain yang membedakan dari bakteri enteric gram negative lain yang tunbuh pada agar darah adalah pada tes oksidasi hasilnya positif
Biakan V. cholerae pada air peptone akali, setelah 6 jam pada suhu ruangan akan tampak pertumbuhan kuman pada perbatasan udara dan cairan. Medium ini berfungsi sebagai medium transport yang penting untuk feses atau usapan dubur dari tersangka kasus kolera. Pada medium peptone ini ( banyak mengandung triptofan dan nitrat ) akan membentuk indol, yang dengan asam sulfat akan membentuk warna merah ( tes nitroso indol positif ).
Spesies Vibrio cholerae sensitive terhadap campuran 0/129 ( 2,4-diamino-6, diisopropylpteriden phosphate ), yang membedakan mereka dengan spesies Aeromonas, yang resisten terhadap 0/129.vibrio juga dapat tumbuh pada media yang mengandung 6% Nacl sedangkan Aeromonas tidak, sebagian besar spesies vibrio adalah halotoleran dan Nacl sering menstimulasi pertumbuhannya.

4. Patogenesis
Dalam keadaan ilmiah, Vibrio cholerae hanya pathogen terhadap manusia. Seseorang yang memiliki asam lambung yang normal memerlukan menelan sebanyak 1010 atau lebih Vibrio cholerae dalam air agar dapat menginfeksi, sebab kuman ini sangatsensitive terhadap suasana asam. Jika mediatornya makanan sebanyak 102 – 104 organisme yang diperlukan, karena kapasitas buffer yang cukup dari makanan. Beberapa pengobatan dan keadaan yang dapat menurunkan kadar asam di lambung membuat seseorang lebih sensitive terhadap infeksi Vibrio cholerae.
- Enterotoksin
Enterotoksin adalah suatu protein,dengan berat molekul 84.000 daltotahan panas tetapi tidak tahan asam. Resisten terhadap tripsin tetapi dirusak oleprotease. Toksin kolera mengandung dua sub unit yaitu B (binding) dan A(active). Sub unit B mengandung lima polipeptida, diman masing- masinmolekul memiliki aktivitas ADP ribosyltransferase dan menyebabkan transfeADP ribose dari NAD ke sebuah guanosine triphospate, binding protein yanmengatur aktivitas adenilat siklase yang menakibatkan produksi cAMP yanmenghambat absorpsi NaCl dan merangsang ekskresi klorida, yang menyebabkahilangnya air,NaCl, Kalium dan Bikarbonat.
- Perlekatan ( adheren )
Vibrio cholerae tidak bersifat invasive, kuman ini tidak masuk dalam aliran darah tetapi tetap berada dalam saluran usus. Vibrio cholerae yang virulen harus menempel pada mikrovili permukaan sel epitel usus baru menimbulkan keadaan patogen. Disana mereka melepaskan toksin kolera ( enterotoksin ). Toksin kolera diserap di permukaan gangliosida sel epitel dan merangsang hipersekresi air dan klorida dan menghambat absorpsi natrium. Akibatnya kehilangan banyak cairan dan elektrolit. Secara histology, usus tetap normal.

5. Klasifikasi
Klasifikasi dari Vibrio cholerae
Kingdom : Bacteria
Phylum : Proteobacteria
Class : Gamma Proteobacteria
Order : Vibrionales
Family : Vibrionaceae
Genus : Vibrio
Spesies : Vibrio cholera



6. Penyebaran dan Penularan
Pada daerah endemic, air terutama berperan dalam penularan kolera namun pada epidemic yang besar penularan juga terjadi pada makanan yang terkontaminasi oleh tinja atau air yang mengandung V.cholerae khususnya pada El Tor yang dapat bertahan selama beberapa bulan di air. Tidak ada hewan reservoir. Dosis infeksi relative tinggi tetapi ditandai dengan penurunan hipoklorhidrik,pada individu yang menggunakan antasida, dan ketika asam lambung dibuffer oleh makanan. Pada daerah endemic kolera terutama merupakan penyakit pada anak dengan perbandingan 10:1, tetapi menyerang orang dewasa dan anak sama saja ketika masuk. Pada orang dewasa insiden pada pria lebih tinggi daripada wanita. Sementara belum diketahui pengaruh musim dalam penyebaran. Di daerah endemic, anak- anak dibawah usia 2 tahun sedikit yang terkena kolera berat daripada anak yang berusia lebih tua, mungkin disebabkan karena imunitas pasif yang didapatkan dari ASI. Pasien dengan infeksi yang ringan atau asimtomatik berperan penting pada penyebaran penyakit ini. Perbandingan antara penderita asimptomatik dengan simtomatik pada suatu epidemic diperkirakan 4:1 pada kolera Asiatika, sedang untuk El Tor 10:1 Penularan dari manusia ke manusia jarang terjadi.
Dalam keadaan ilmiah, Vibrio cholerae hanya pathogen terhadap manusia. Seseorang yang memiliki asam lambung yang normal memerlukan menelan sebanyak 1010 atau lebih Vibrio cholerae dalam air agar dapat menginfeksi, sebab kuman ini sangat sensitive terhadap suasana asam. Jika mediatornya makanan sebanyak 102 – 104 organisme yang diperlukan, karena kapasitas buffer yang cukup dari makanan. Beberapa pengobatan dan keadaan yang dapat menurunkan kadar asam di lambung membuat seseorang lebih sensitive terhadap infeksi Vibrio cholerae.

7. Pengobatan
Dasar pengobatan kolera adalah terapi simtomatik dan kausal secara simultan. Tatalaksana meliputi penggantian kehilangan cairan tubuh secara cermat dan tepat, koreksi gangguan elektrolit dan bikarbonat, serta terapi antimicrobial. Rehidrasi dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu terapi rehidrasi dan rumatan. Pada kedua tahap ini perlu diperhitungkan kebutuhan harian akan cairan dan nutrisi, terutama bila diare berlangsung lama dan pada pasien pediatric. Pada dehidrasi berat yang disertai renjatan hipovolemik, muntah yang tidak terkontrol atau pasien dengan penyulit yang berat yang dapat mempengaruhi hasil pengobatan, terapi rehidrasi harus diberikan secara infuse intravena. Pada kasus yang ringan dan sedang, rehidrasi dapat dilakukan dengan cara per oral dengan cairan rehidrasi oral. Sedang tahap pemeliharaan dilakukan sepenuhnya dengan cairan rehidrasi oral baik pada kasus dehidrasi berat sedang maupun ringan. Cairan yang terbukti baik manfaatnya adalah ringer laktat yang kompoisisinya kurang lebih sama dengan susunan elektorlit tinja kolera dan terbukti dan terbukti dapat perfusi ke sel tubuh dengan baik. Cairan lainnya adalah NaCl fisiologis dan larutan isotonic lain.

8. Gambaran klinis
Ada beberapa perbedaan pada manifest klinis kolera baik mengenai sifat maupun berat gejala. Terdapat perbedaan antara kasus individual maupun pada gejala pada kejadian endemic. Masa inkubasi kolera berlangsung antara 16-72 jam. Gejala klinis dapat bervariasi mulai dari asimptomatik sampai gejala klinis berupa dehidrasi berat. Infeksi terbanyak bersifat diare ringan dan umumnya pasien tidak memerlukan perawatan. Manifestasi klinis yang khas ditandai dengan diare yang encer da berlimpah tanpa didahului rasa mules maupun tenesmus. Dalam waktu singkat tinja yang semula berbau feses dan berwarna berubah menjadi cairan putih keruh (seperti air cucian beras) berbau manos menusuk. Cairan yang menyerupai air cucian beras ini bila diendapkan akan mengeluarkan gumpalan- gumpalan putih. Cairan inin akan berkali- kali keluar dari anus pasien dalam jumlah besar. Muntah timbul kemudian setelah diare dan berlangsung tanpa didahului mual. Kejang otot dapat menyusul. Baik dalam bentuk fibrilasi atau fasikulasi, maupun kejang klonik yang mengganggu. Teriakan atau rintihan pasien dapat disangka sebagai teriakan nyeri kolik. Kejang ini disebabkan karena berkurangnya kalsium dan klorida pada sambungan neuromuscular.
Gambar perjalanan kuman Vibrio cholerae di dalam tubuh manusia
Gejala dan tanda pada kolera terjadi akibat kehilangan cairan dan elektrolit serta asidosis. Pasien berada dalam keadaan lunglai, namun kesadarannya relative baik dibandingkan dengan berat penyakitnya. Koma baru akan terjadi pada saat- saat terakhir . pada kurang lebih 10% bayi dan anak- anak dapat dijumpai kejang sentral dan stupor, yang disebabkan hipoglikemia. Tanda- tanda dehidrasi tamapak jelas, nadi berdenyut cepat, nafas menjadi cepat,suara serak seperti bebek manila, turgor kulit menurun (kelopak mata cekung memberi kesan hidung mancung dan tipis, tulang pipi yang menonjol) mulut menyeringai karena bibir kering,perut cekung tanpa ada steifung maupun kontur usus, suara peristaltic usus bila ada jarang sekali. Jari- jari tangan dan kaki tampak kurus denganlipatan- lipatan kulit. Diare akan bertahan 5 hari pada pasien \yang tidak diobati.

9. Imunitas
Asam lambung memberikan perlindungan terhadap Vibrio cholerae yang termakan dalam jumlah sedikit. Serangan kolera akan diikuti oleh kekebalan terhadap reinfeksi, tetapi lama dan derajat kekebalan yang sebenarnya tidak diketahui. Munitas terhadap toksin kolera dan antigen permukaan bakteri sama dengan respon infeksi alami. Kebanyakan studi terhadap respon imun telah mengukur antibody bacterial serum, meskipun proteksi in vivo kemungkinan besar dimediasi oleh IgA sekretorik.

10. Pengobatan
Dasar pengobatan kolera adalah terapi simtomatik dan kausal secara simultan. Tatalaksana meliputi penggantian kehilangan cairan tubuh secara cermat dan tepat, koreksi gangguan elektrolit dan bikarbonat, serta terapi antimicrobial. Rehidrasi dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu teraqpi rehidrasi dan rumatan. Pada kedua tahap ini perlu diperhitungkan kebutuhan harian akan cairan dan nutrisi, terutama bila diare berlangsung lama dan pada pasien pediatric. Pada dehidrasi berat yang disertai renjatan hipovolemik, muntah yang tidak terkontrol atau pasien dengan penyulit yang berat yang dapat mempengaruhi hasil pengobatan, terapi rehidrasi harus diberikan secara infuse intravena. Pada kasus yang ringan dan sedang, rehidrasi dapat dilakukan dengan cara per oral dengan cairan rehidrasi oral. Sedang tahap pemeliharaan dilakukan sepenuhnya dengan cairan rehidrasi oral baik pada kasus dehidrasi berat sedang maupun ringan.Cairan yang terbukti baik manfaatnya adalah ringer laktat yang kompoisisinya kurang lebih sama dengan susunan elektorlit tinja kolera dan terbukti dan terbukti dapat perfusi ke sel tubuh dengan baik. Cairan lainnya adalah NaCl fisiologis dan larutan isotonic lain.





11. Pencegahan dan pengendalian
Pencegahan dapat dilakukan dengan perbaikan sanitasi khususnya air dan makanan melalui pendidikan. Pasien kolera seharusnya diisolasi, ekskresinya didisinfeksi dan orang-orang kontak diawasi. Khemoprofilaksis dengan obat antimikrobia mungkin diperlukan. Bagi wisatawan yang memasuki daerah endemic kolera, sebaiknya memasak makanan sampai matang sebelum mengkonsumsinya, kepiting harus dimasak lebih kurang 10 menit, memakan buah harus dikupas kulitnya dan dicuci, memakan es harus dihindari kecuali kita tahu bahwa es terbuat dari air mendidih. Pemberian imunisasi dengan vaksin yang mengandung ekstrak lipopolisakarida dari vibrio atau suspensi pekat vibrio dapat memberikan perlindungan yang terbatas pada orang-orang yang rentan ( misalnya kontak antar anggota keluarga ) tetapi tidak efektif sebagai alat kontrol epidemic. Vaksin ini memberikan proteksi 60 – 80% untuk masa 3 – 6 bulan. Di beberapa negara, meminta pelancong dari daerah endemic yang datang untuk menunjukkan sertifikat bahwa mereka telah divaksinasi. Sertifikasi vaksinasi untuk kolera dari WHO hanya berlaku selama 6 bulan. Imunisasi toksoid kolera pada manusia tidak lebih baik daripada vaksinasi standard yang telah disebutkan diatas. Hingga saat ini perbaikan hygiene / sanitasi saja yang memberikan pencegahan yang mantap terhadap kolera

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More