Cute Onion Club - Onion Head

Connect with Us

Jumat, 21 Februari 2014

Penentuan kadar ion sulfat secara Gravimetri



PENENTUAN KADAR ION SULFAT (SO42-)
SECARA GRAVIMETRI

PRINSIP:
Sulfat diendapkan dengan menambahkan larutan BaCl2 ke dalam larutan sulfat yang panas dan telah diasamkan dengan HCl.
Ba2+(aq) + SO42-(aq) à BaSO4(s)
Endapan BaSO4 disaring, dicuci dengan air panas dan dikeringkan. Kemudian ditimbang sebagai BaSO4.
Faktor SO4/BaSO4 = 0,41153

CARA KERJA:
1.      Ambil larutan contoh sebanyak 200 mL ke dalam gelas kimia, tambahkan 0,3 – 0,6 mL HCl pekat.
2.      Panaskan larutan tersebut sampai hampir mendidih dan kemudian tambahkan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk sebanyak 10-12 mL larutan BaCl2 5%. Biarkan beberapa menit supaya endapan turun kemudian test larutan dengan menambahkan beberapa tetes larutan BaCl2 5%. Jika masih terbentuk endapan, tambahkan lagi 3 mL larutan BaCl2, biarkan sebentar dan test lagi. Ulangi penambahan 3 mL larutan ini sampai tidak terbentuk lagi endapan.
3.      Biarkan endapan dan larutan di atas penangas air selama minimal 1 jam agar pengendapan sempurna. Setelah itu test lagi dengan menambahkan larutan BaCl2 5%. Jika sudah tidak terbentuk endapan, maka sampel siap untuk disaring.
4.      Saring endapan tersebut menggunakan kertas saring. Untuk memindahkan endapan, semprotkan air panas ke dalam gelas kimia dan bersihkan endapan yang menempel pada gelas kimia. Lakukan sampai gelas kimia tempat sampel benar-benar bersih.
5.      Cuci endapan di dalam kertas saring menggunakan air panas sampai endapan bebas klorin. Keringkan kertas saring yang berisi endapan pada oven 105oC. Setelah kering, lipat kertas saring dan masukkan ke cawan porselen yang telah ditimbang konstan. Arangkan kertas saring secara bertahap (dapat menggunakan furnace), kemudian dipijarkan sampai konstan.
6.      Hitung kadar sulfat dari berat endapan.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More